14 Oktober 2010

@ pulAu semPu

Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Dalam pulau ini nyaris tidak ditemukan mata air payau.

Secara geografis, Pulau Sempu terletak diantara 112° 40′ 45″ - 112° 42′ 45″ bujur timur dan 8° 27′ 24″ - 8° 24′ 54″ lintang selatan. Pulau itu memiliki luas sekitar 877 hektar, berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikepung Samudera Hindia di sisi selatan, Timur dan Barat.

Pulau Sempu dapat ditempuh dari Kabupaten Malang melalui Pantai Sendang Biru, dan penyeberangan menggunakan perahu nelayan, serta mendapat perijinan.

karang bolong
Hari itu Jum'at 16 Juli 2010 cHubbida team yang beranggotakan mbak di, raden, adi, galiconk, kocin, uyunk, lisa, gaby, vita dan tinggal menunggu gogon yang masih dalam perjalanan dari Kota Yogyakarta telah bersiap untuk melakukan penjelajahan ke pulau impian mereka yaitu SEMPU ISLAND.

indahnya dia
Dengan diawali doa bersama, tepat pada pukul 23:45 WIB team akhirnya berangkat dari kampus B Universitas Airlangga menuju tempat sasaran. Bertepatan dengan datangnya gogon, team pun menjemputnya di terminal Bungurasih dan komplitlah sudah anggota dari cHubbida. Perjalanan pun dilanjutkan untuk meraih impian.

istirahat dulu yukkk
Hari sudah berganti Sabtu 17 Juli 2010, sekitar kurang dari 3 jam team menempuh perjalanan dengan mengendarai motor sebagai transportasinya, akhirnya mereka pun singgah sebentar untuk sedikit merelaksasi tubuh dikarenakan mungkin sedikit capek. Dengan sedikit canda tawa mereka mengisi waktu istirahat diselingi minum vitamin ataupun merokok, dalam hati tiap anggota cHubbida team masih menggelora "ayo rekk segeralah tiba Sempu impianku". Akh, begitu bersemangatnya mereka sampai-sampai rasa pegal pun tak sempat dirasakannya. Dan perjalanan pun dilanjutkan, team merasa sudah fresh kembali guna menaklukkan si Sempu.

cHubbida team

Hmmm,,, setelah 1 jam tambahan perjalanan sampailah juga cHubbida team di Sendang Biru, tempat dimana nantinya akan digunakan untuk menyeberang ke Pulau Sempu. Masuk ke kawasan ini dibutuhkan biaya registrasi sebesar @Rp 3.500,- per orang, team pun secara spontan mengumpulkan biaya yang diwajibkan itu. Motto team yaitu "KEBERSAMAAN" kelihatan jelas disini benar-benar diterapkan. Begitu senangnya mereka setelah tiba di Sendang Biru ini, karena Pulau Sempu tampak jelas sekali seakan-akan hanya berjarak 100 m dari hadapan mereka. Tambah bersemangat, yah itu gambaran spirit mereka pada waktu itu melihat tujuan mereka segera tertaklukkan. Mengamankan motor itu tugas pertama dilakukan, dan team pun mendapat tempat untuk menitipkan tunggangan mereka di rumah penduduk dengan biaya @Rp 5.000,- per motor.

penyeberangan
Setelah itu team segera survey harga sewa perahu guna menyeberang ke Sempu, dan didapatkan harga Rp 100.000,- maksimal 15 orang untuk biaya antar jemput ke pulau impian. Tapi belum cukup sampai disitu tiap-tiap kelompok yang bakal mengunjungi Sempu diwajibkan lapor ke pihak Perhutani untuk urusan perijinan, dan dalam hal ini akan dikenakan biaya sekitar Rp25.000,-. Dengan membawa peralatan dan bahan makanan yang sudah dipersiapkan dari Surabaya serta tambahan 10 botol air mineral ukuran 1,5 liter (karena di pulau sempu tidak terdapat air mineral), cHubbida team pun segera menyeberang ke Sempu.

indahnya
Setelah menempuh perjalanan laut kurang lebih 10 menit dari Sendang Biru, ini dia saat-saat yang ditunggu cHubbida team, yaitu menginjakkan kaki di pulau impian sembari berteriak lantang "Welcome To Sempu... We Love Sempu". Yah mereka berulang kali meneriakkan kata seperti itu, betapa bahagia mereka akhirnya impian tersampaikan juga. Hmmm, tapi penjelajahan masih belum cukup hanya sampai menginjakkan kaki di pulau itu saja. Ternyata masih ada jalan lagi yang harus ditempuh untuk sampai di Segara Anak'an (ini adalah inti dari Keindahan Pulau Sempu). Dan tak pernah terbayangkan oleh team, medan yang bakal dilalui adalah jalan setapak bermaterialkan tanah liat sungguh sangat berat untuk dilewati apalagi sehari sebelumnya Sempu diguyur hujan malah menambah berat jalan itu. Cukup menguras keringat dan mental semakin depresi bagi anggota cHubbida team, karena dibutuhkan setidaknya 2 jam dengan jalan kaki melewati medan yang naik turun, licin, becek bagaikan lumpur hidup untuk sampai di Segara Anak'an.

Segara Anak'an
Luaarrrr biasaaaa... itulah kata yang pertama kali terucap oleh cHubbida team ketika pertama kali mereka datang di inti dari Sempu yaitu Segara Anak'an. Perasaan capek, pegal, emosi yang telah berkecamuk dihati masing-masing anggota selama melakukan perjalanan 2 jam melewati medan yang sangat berat, seakan hilang dengan seketika. Hal itu timbul dikarenakan mereka benar-benar takjub dengan Mahakarya Sang Pencita Alam Semesta ini. Dengan riang gembira mereka pun bergegas menuju pantai pasir putih yang ada disitu. Weleh-weleh, cHubbida team pun meluapkan kegembiran bersama dengan cara menceburkan diri guna membersihkan tubuh yang dirasa cukup lelah.

terumbu karang
Akhirnya tenda pun telah dipasang untuk tempat beristirahat, hari itu mereka habiskan dengan menjelajahi semua pesona pariwisata yang ada di Segara Anak'an mulai dari mengarungi pesisir pantai, mendaki bukit karang dan bersenda gurau sampai malam tiba. Memasuki hari Minggu 18 Juli 2010, cHubbida team bermain mengarungi laut, memasuki terumbu karang, bermain pasir pantai dan sebagainya karena disitu tidak ada kata lelah untuk bermain. Memang benar bahwa Sempu adalah salah satu surga dunia. Akhirnya penjelajahan pun berakhir pada hari itu. Anggota cHubbida pulang dengan membawa kenangan yang tak terlupakan.

Itulah sedikit gambaran dari perjalanan cHubbida team menuju Pulau Sempu
dan inilah dia profil - profil dari cHubidda team expedition to Sempu Island :

mbak di
adi
uyunk
raden
lisa
galiconk
gaby
gogon
vita
kocin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar